Saturday, April 19, 2014

Belajar HTML untuk pemula

Setelah sekian lama saya tidak memposting artikel untuk Meletek.blogspot.com, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Belajar HTML untuk Pemula, untuk membuat sebuah website kita harus memahami apa yang dimaksud dengan HTML.

Html merupakan kependekan dari HyperText markup language, html bisa dikatakan bahasa untuk membuat aplikasi yang berbasis website, akan tetapi html bukanlah bahasa pemrograman layaknya Php, C++, Pascal dsb, karena kemampuan html hanya sebatas untuk menampilkan objek (text,gambar, video dsb) supaya tampil pada browser (Mozilla, google Chrome, opera mini…).

Untuk memahaminya kita akan Membuat sebuah halaman website menggunakan html, hal yang perlu diingat ketika belajar html adalah setiap tag html pada umumnya memiliki pasangan yaitu Tag pembuka < >, dan tag penutup </>.

Perhatikan struktur dasar html berikut ini !

  1. <html>
  2. <head><title>Judul Website</title>
  3. </head>
  4. <body>
  5. Ini adalah halaman Website pertama saya…
  6. </body>
  7. </html>

Dari script html diatas kita dapat melihat tag pembuka <html> mempunyai pasangan yaitu tag penutup </html>, begitu pun tag pembuka <head> mempunyai pasangan tag penutup </head>, begitupun dengan tag <body> dan </body> sama sama mempunyai tag penutup sebagai pasangannya.
Berikut ini fungsi utama dari masing-masing tag diatas :

1. Tag <html> dan </html> merupakan tag yang berfungsi sebagai kerangka paling luar untuk dokumen html, jika dianalogikan( diumpamakan) tag html merupakan tag pembungkus agar dokumen dapat berfungsi secara optimal.

2. Tag  <head> dan</head> merupakan tag yang berfungsi untuk menampung tag title dimana tag Title sendiri merupakan tag untuk mendefinisikan judul dari sebuah website, selain untuk menampung tag Title, tag head pada html juga berfungsi untuk mendefinisikan Direktori/alamat Css, favicon, dsb,

3. Seperti yng telah dijelaskan pada bagian tag Head bahwa Tag <title> dan</title>merupakan tag untuk mendefinisikan judul dari sebuah halaman website,

4. Tag <body> dan </body> meupakan tag utama dari sebuah script html, sebab pada bagian body inilah semua file, baik tulisan, gambar, video, dsb akan ditampilkan oleh browser.

Untuk mempermudah belajar membuat website denga html, saya menyediakan video tutorial yang mungkin akan sedikin membantu untuk proses pemahamannya.



Untuk sementara hanya itu yang dapat saya sampaikan…
Sampai jumpa di lain kesempatan…!
Semoga bermanfaat...!