Sunday, October 14, 2012

Menu Utama (Main Menu) Pada Delphi

Menu pada Delphi memiliki kegunaan yang sama dengan menu pada aplikasi windows, Dengan menggunakan fasilitas menu, Anda dapat memanggil atau menyimpan program, sehingga pada dasarnya semua perintah yang anda kerjakan dapat anda temukan pada bagian Menu Utama.
Nama-nama menu ditampilkan pada bagian menu bar yang terdapat pada bagian atas layar. untuk bekerja dengan menggunakan menu, anda dapat menggunakan fasilitas mouse ataupun keyboard.
Untuk memilih menu, arahkan pointer mouse ke menu yang anda inginkan,lalu klik menu tersebut.
Sedangkan untuk memilih perintah, Klik salah satu perintah yang ada pada daftar perintah, Apabilakita ingin menunjukan pilihan menu View maka Ilustrasinya ada pada Gambar berikut ini :


Perintah yang tidak relevan untuk dipiih akan di tampilkan dengan warna redup, seperti yang terlihat pada menu translation Manager. Setiap nama nama menu yang ada pada menu barmemiliki huruf yang bergaris bawah. Anda dapat menekan tombol ALT dan karakter yang di garis bawahi untuk memilih salah satu menu. sebagai contoh jika kita ingin memilih menu dekstop, Anda cukup menekan karakter yang bergaris bawah pada perintah yang ingin anda pilih. Perintah-perintah tertentu pada bagian menu memiliki shortcut key, misalnya perintah windows list yang terletak pada menu view memiliki shortcut key ALT+0.Anda dapat menggunakan shortcut key tersebut pada setiap pekerjaan untuk mempercepat pekerjaan anda. Perintah menu yang di tandai dengan tanda panah hitam menunjukan bahwa perintah menu tersebut ipilih, maka perintah tersebut akan menampilkan submenu perintah berikutnya. Ilustasi untuk meunjukan pilihan submenu perintah yang terdapat pada perintah menu project berikut ini !


No comments: