Saturday, July 7, 2012

Susunan Dasar Dokumen HTML

Secara umum, dokumen web dibagi menjadi dua bagian, yaitu head dan body, sehingga setiap dokumen HTML harus mempunyai pola dasar sebagai berikut:
<html>
<head>
Informasi tentang dokumen HTML
</head>
<body>
Informasi yang ditampilkan oleh browser
</body>
</html>


Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag <html> dan tag </html> diakhir dokumen. Tag ini menandai elemen HTML,yang berarti dokumen ini merupakan dokumen HTML.(Catatan: dalam satu dokumen hanya ada satu elemen HTML)Elemen head ditandai dengan tag di awal dan tag di akhir. Bagian ini misalnya digunakan untuk memberi nama judul bagi dokumen HTML atau nama bagi halaman web yang akan ditampilan pada caption bar dari browser, dituliskan di antara tag dan . Misalnya kita akan membuat judul halaman HTML tersebut dengan nama “Belajar HTML”, maka penulisanya ialah:



        Belajar HTML



Informasi yang ditampilkan oleh browser




Bagian body ditandai dengan tag dan . Body merupakan bagian terbesar dalam setiap dokumen HTML yang berisi isi dokumen yang akan ditampilkan oleh browser, meliputi paragraf, image, link, tabel dan lain sebagainya. Berikut ini saya akan menjelaskan Step By Step penerapan Scrift HTML sehingga Tampil Pada Web Browser:
  1. Silakan copy salah satu Scrift Html diatas,lalu

  2. Buka aplikasi "NOTEPAD" Dengan lanhkah-langkah sebagai berikut: Klik "START", Klik "All Program", Klik "Accesories", Klik "NOTEPAD",

  3. Setelah Notepad Terbuka Silakan Paste Scrift yang tadi anda Copy Pada notepad tersebut,Kemudian

  4. Save scrift tersebut dengan Ekstensi (.html), Sebagai contoh save scrift tersebut dengan nama Latihan.html (ingat-ingat disimpan dimana file tersebut anda simpan)

  5. Langkah selanjutnya, Buka aplikasi web Browser (misalnya: Mozilla)Lalu, Klik "file", Klik "Open File", Cari scrift yang tadi anda simpan, setelah ketemu lalu Dobel klik File tersebut.

  6. Maka anda sudah dapat melihat hasilnya.


Selamat mencoba, Semoga sukses !!
Terinspirasi oleh: Bang Joe Alfaraby

No comments: