Saturday, July 7, 2012

Berkenalan dengan HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa standar untuk membuat halaman web.Untuk membuat sebuah file HTML, Anda bisa menggunakan teks editor seperti Notepad atau Wordpad dan disimpan dengan menambahkan sebuah ekstensi “.htm” atau “.html”.

Dokumen HTML ditulis menggunakan tanda (markup) khusus pada setiap perintahnya dan disusun oleh sejumlah komponen dasar pembentuk dokumen HTML, seperti: head, body,table, dan paragraf. Untuk menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML kita menggunakan tag. Tag-tag HTML terdiri atas sebuah tanda lebih kecil <, sebuah nama tag, dan tanda lebih besar >. Setiap tag HTML biasanya dituliskan secaraberpasangan. Artinya setiap tag biasanya diakhiri dengan tag penutup yang menggunakan tanda garis miring (/) di belakang masing-masing nama tag. Perhatikan contoh di bawah ini.

<p>Ini adalah paragraf </p>




Pada contoh di atas, kita menggunakan tag <p> untuk mendefinisikan sebuah paragraf.Tag tersebut memiliki pasangannya pada bagian akhir dengan tanda yang serupa, namun diberi tanda garis miring di depannya yaitu </p>. Tidak semua tag memiliki tag penutup, misalnya tag <hr> yang digunakan untuk membuat sebuah garis melintang tidak. Untuk tag-tag seperti ini, kita perlu menambahkan sebuah spasi dan tanda garis miring di depan tag-tag tersebut, sehingga menjadi <hr />.

Tag-tag HTML, bisa dituliskan dengan huruf kapital, huruf kecil, atau campuran. Namun, berdasarkan aturan dasar penulisan HTML versi terakhir (versi 4.01 ) yang direkomendasikan W3C (sebuah badan resmi yang membuat dan mengembangkan standar web), seluruh tag HTML harus dituliskan dengan menggunakan huruf kecil. Dengan demikian, penulisan tag HTML seperti <P>…</P>, merupakan penulisan tag yang keliru dan tidak valid berdasarkan rekomendasi tersebut.

Terinspirasi oleh: Bang Joe Alfaraby

No comments: